Selasa, 06 Januari 2009

NAIK KELAS JUSTRU KARENA UJIAN

NAIK KELAS JUSTRU KARENA UJIAN

LAYANG-LAYANG TERBANG KARENA MENGHANTAM ANGIN
Seorang anak berlari dengan sangat kencang membentang layang-layang, namun sang ayah tersenyum ketika layang-layang tak juga terbentang naik. Sekali waktu layang-layang naik kemudian turun kembali dengan cepat. Setengah putus asa sang anak menghampiri ayahnya dan berkeluh karena laying-layangnya tidak bisa naik sebagaimana yang lainnya. Dengan sabar sang ayah menjelaskan bahwa sebelum menerbangkan layang-layang kita harus mengetahui arah angin, dan layang-layang hanya mampu terbang justru ketika menghantam angin. Sang anakpun paham dan mengerti mengapa selama ini layang-layangnya tidak mampu terbang. Saat itulah sang ayah berkata “Anakku justru engkau akan mampu sukses ketika berani menghadapi masalah,dan engkau akan naik kelas ketika menghadapi ujian sebagaimana layang-layang yang terbang justru ketika mengantam angin dan bukan mengikuti arah angin”.

KEPOMPONG DAN KUPU-KUPU
Seorang anak sedang memperhatikan perjuangan seekor kupu-kupu cilik yang berusaha keluar dari kepompongnya. Ia menunggu berjam-jam dan merasa bahwa sang kupu-kupu kecil kelihatannya tidak mampu untuk mengeluarkan dirinya. Oleh karena merasa kasihan sang anak mengambil gunting untuk membuat lubang yang lebih besar lagi agar sikupu-kupu dapat keluar lebih mudah. Akibat perbuatan si anak memang kupu-kupu itu berhasil keluar dari kepompong dengan mudah tetapi akibatnya otot-otot sayap kupu-kupu tyesebut tidak kuat dan besar sehingga kupu-kupu tersebut tidak dapat terbang. Sang anak mendapatkan pelajaran yang sangat berharga bahwa sang kupu-kupu membutuhkan perjuangan yang keras untuk keluar dari kepompong dengan perjuangan keras akan membentuk otot-ototnya supaya ketika berhasil keluar kupu-kupu tersebut telah siap terbang. Niat baik sang anak malah menjadikan kupu-kupu tersebut cacat. Sering kali yang kita butuhkan dalam hidup ini adalah perjuangan. Jika tuhan merelakan kita untuk memulai hidup ini tanpa tantangan maka hal itu akan membuat kita lemah dan tak berarti sama seperti kupu-kupu tadi yang tidak bisa terbang akibat dibantu keluar dari kepompong oleh sang anak.

4 komentar:

Azies mengatakan...

Terimakasih dan salam sukses, sebuah harapan besar tertumpu pada sebuah catatan yang anda tulis dalam " spirit of sukses" setelah anda memberikan sebuah pencerahan kepada semua peserta yang hadir pada training motivation yang di adakan di Univ. Ibn Khaldun, ada sebuah motivasi yang timbul didalamnya, dan mudah-mudahan saya berharap tak cukup apa yang saya baca pada buku itu. berikan epada kami ide-ide serta tips yang dapat memberikan kami jalan untuk sebuah kesuksesan..terimakasih Wassalam *Azies

jambrong mengatakan...

Terima kasih tadi sang sudah berbagi dengan teman-teman guru sma negeri 8 jakarta, semoga bisa bermanfaat untuk sesama, dan tentunya untuk anak-anak kami tercinta di sekolah

J@M@L mengatakan...

Jamaludin

sangat menginspirasi!

racunbunga mengatakan...

asw, mas, arif. saya baca buku mas dapat dari teman saya yang tingga di jakarta. cetakan tahun 2003 jakau gak salah, yang kovernya spiderman.
saya budi dari penerbit anomali di jogja mas. naskah bukunya masih dicetak atau terikat kontrak mas? kita minta jika naskah itu bebas.
untuk ngecek karya2 buku yang sudah kita terbitkan, mas bisa lihat di : anomalibadaiotak.multiply.com.
tadi coba sms mas, tapi gagal, nomor saya 0852.652.654.67
jzk mas atas perhatiannya.